Keunikan dan Keistimewaan Candi Borobudur

Keunikan dan keistimewaan Candi Borobudur : Candi Borobudur merupakan tempat ziarah masyarakat beragama budha yang letaknya berada di Kota magelang, Jawa Tengah. Candi yang di perkirakan di bangun pada tahun 824 - 900 masehi pada masa pemerintahan Ratu Pramudawardhani yang adalah putri dari Samaratungga pada abd ke 8.  Candi Borobudur ini selain tempat ziarah bisa disebut juga sebagai tempat / objek Wisata karena merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah. Berwisata di Candi Borobudur merupakan sebuah perjalanan yang sangat menarik untuk kita nikmati keindahan bangunan bersejarah ini. Selain banyaknya unsur sejarah yang tersimpan, masih banyak keunikan dan keistimewaan objek wisata Candi Borobudur yang bisa kita temukan di Candi ini.

Keunikan dan keistimewaan objek wisata Candi Borobudur


Bisa anda bayangkan bagaimana masyarakat jaman dahulu mengangkat batu yang beratnya berton-ton hanya dengan peralatan yang primitif. Berikut keunikan dan keistimewaan Candi Borobudur :

1. Candi Umat Budha Terbesar di Dunia
Candi borobudur berbeda dengan bangunan pubakala lainnya yang dipenuhi misteri. Candi ini lebih bernilai dan terkenal bukan pada misteri-misteri yang berserakan, tapi candi ini memiliki nilai design aristektur dan teknik sipil serta kemampuan manajemen proyek yang tinggi yang menunjukkan kemajuan pemikiran para pendahulu bangsa kita
- Candi Borobudur adalah Candi umat budha terbesar di dunia dengan luas 123x123 m² dengan  jumlah 504 patung Buddha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk. 
- Candi Borobudur dibangun dari 60.000 meter kubik batuan vulkanik dari Sungai Elo dan Progo yang terletak sekitar 2 km sebelah timur candi.
- Candi Borobudur mempunyai 72 stupa, salah satu stupa berada di tengah Candi Borobudur yang merupakan mahkota dari bangunan ini sekaligus merupakan stupa terbesar pada bangunan Candi ini.

Keunikan dan keistimewaan objek wisata Candi Borobudur


2. Misteri Angka 1
Candi Borobudur memiliki keunikan secara matematik, beberapa bilangannya akan menghasilkan angka 1 bila dijumlahkan. Hal ini diduga bahwa Candi Borobudur dibuat dengan tujuan akhir Angka 1 yang melambangkan ke-esaan sang adhi buddha:
-  Jumlah tingkatan Borobudur ada 10, angka 10 ini bila dipecah menjadi 1+0=1
- Jumlah stupa di Arupadhatu, yang di dalamnya memiliki patung ada 32+24+16+1=73, angka 73 bila dijumlahkan menjadi 7+3=10,  angka 10 dipecah lagi menjadi 1+0=1
- Jumlah Patung Candi Borobodur totalnya ada 505, jika dijumlahkan 5+0+5=10 hasilnya tetap sama dengan matematik yang sebelumnya, tetap menghasilkan angka awal yaitu 1. Dan angka 1 ini bisa diterjemahkan bahwa 1 adalah Tuhan sebagai poros Kehidupan.

Keunikan dan keistimewaan objek wisata Candi Borobudur


3. Terkait dengan Danau Purba
Bangunan candi ini adalah bangunan peninggalan sejarah sejak ratusan tahun lalu. Menurut perkiraan para ahli , dahulu Candi Borobudur berada di tengah - tengah sebuah danau purba. Selain bukti - bukti ilmiah, analisa yang menguatkan dugaan tersebut yaitu bentuk candi yang apabila di lihat dari udara maka tampak seperti teratai.

Keunikan dan keistimewaan objek wisata Candi Borobudur


4. Puzzle raksasa termegah di dunia
Candi Borobudur adalah puzzle raksasa yang termegah di dunia yang yang di bangun dari perpaduan ilmu rancang bangun, arsitek dan seni. Batu - batu pada candi ini disusun dari njutaan balok batu vulkanik yang dipahat sesuai bentuk, ukuran, berat satu balok batu bisa mencapai ratusan kilogram serta makna setiap relief yang terukir pada setiap batu. memiliki arti yang berda - beda Yang istimewanya lagi, untuk merekatkan batu tidak digunakan semen, melainkan antar batu hanya saling dikaitkan yang disambung berdasarkan pola dan ditumpuk seperti batu atas-bawah, kiri-kanan, dan belakang-depan sehingga batu - batu tersebut saling mengunci. Keunikan dari seni arsitek dan rancang bangun pada Candi Borobudhur adalah makna yang terdapat pada 3 tingkatan candi yang merupakan manifestasi dari kehidupan manusia. Tiga tingkatan itu adalah kamadatu digambarkan relief kehidupan manusia yang masih penuh dengan hawa nafsu dan angkara murka. Tingkat rupadatu keinginan duniawi mulai sirna. Sedangkan di tingkat arupadatu manusia digambarkan benar-benar telah sempurna sehingga dilambangkan dengan stupa induk yang tertutup rapat.

Dengan melihat kemampuan para leluhur kita membangun Candi Borobudur ini sepatutnya kita harus banggaDemikian ringkasan keunikan dan keistimewaan objek wisata Candi Borobudur di Kota magelang Jawa Tengah. Untuk menuju ke Candi Borobudur ini cukup mudah,  Lokasi Candi Borobudur berada kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang atau 86 km di sebelah barat Surakarta dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.
  • verified_user Belitung Guide Tour Travel
    Content Title : Keunikan dan Keistimewaan Candi Borobudur
    Request detil informasi Keunikan dan Keistimewaan Candi Borobudur dengan menghubungi kami via whatsapp atau line