Panduan Kelebihan dan Kekurangann Root pada Android

Panduan Kelebihan dan Kekurangann Root pada Android : Istilah root sudah sangat tak asing lagi di telinga kita karena root sendiri adalah akses utama yang diberikan oleh sistim aplikasi kepada user atau pengguna Android . Oleh karena itu PENTING ! jangan  pernah anda memutuskan untuk rooting android anda sebelum anda memahami apa itu root, panduan rooting, kelebihan serta kekurangann  root pada android.  Salah satu yang menjadi faktpr penyebab Android bisa berkembang dengan cepat karena Android mengusung sistem open source . Sistem operasi open source adalah sebuah sistem operasi dimana seseorang di ijinkan untuk membuka kode program untuk dapat dikembangkan, dipelajari dan dimodifikasi sistim operasi dan aplikasi.

Kelebihan Kekurangann Root Android


Apakah itu root?
Alasan seseorang melakukan root android adalah karena tidak puasnya dengan tampilan standar bawaan gadget sehingga dengan mengatasi root androidnya. Dengan di lakukannya rooting pada android anda dapat dengan bebas merubah dan memodifikasi Basic UI tampilan android . Seperti yang telah di uraikankan di atas, root adalah proses pemberian hak akses penuh kepada pengguna untuk dapat mengakses sistem operasi Android. Dengan telah di rootnya android, berarti pengguna dapat melakukan kustomisasi aplikasi, memodifikasi, mengubah, bahkan menghapus apa saja yang ada pada sistem Android itu sendiri. 

Beberapa Kelebihan Root :

1. Dapat mengunistal aplikasi bawaan smartphone
Aplikasi bawaan smartphone dari pabrikan yang tidak di inginkan / di butuhkan ternyata membuat berat kinerja smartphone anda. Aplikasi tersebut memiliki ukuran dan cache yang begitu besar, selain itu aplikasi tersebut juga berjalan terus menerus setiap saat tanpa sepengetahuan anda sehingga memakan memori yang dapat menyebabkan hp menjadi berjalan lebih lambat. Bukan hanya sebatas itu saja bahkan batre smartphone anda akan cepat habis akibat aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut tidak bisa di dellete begitu, dan hanya bisa di hapus setelah android di lakukan proses rooring

2. Overclock processor
Overclock di lakukan untuk meningkatkan Kinerja CPU dengan cara memaksa CPU bekerja pada clock lebih tinggi dari standar penggunaan pabrik. Di satu sisi, memang dengan melakukan overclock kinerja smartphone anda akan akan lebih cepat dari sebelumnya. Namun  di sisi lain overclock dapat menyebabkan smartphone anda mudah hang serta mudah panas.


Kelebihan Kekurangann Root Android

3. Menghapus Iklan
Untuk anda yang selalu "protes" soal banyaknya iklan yang muncul, mungkin rooting ini solusinya. Keberadaan iklan terkadang mengganggu dan yang paling parahnya lagi  menghabiskan kuota paket data kita. Jika gadget anda sudah di root, Iklan tersebut bisa kita blok dengan menginstall aplikasi Adfree dll.

Beberapa Kekurangan Root :

1. Garansi hilang

2. Masalah Keamanan  / Security HP
Dengan root ( terbukanya izin akses penuh mengotak-atik sistem pada android ) memungkinkan gadget anda mudah untuk di hack yaitu dengan mencuri data android kita melalui aplikasi yang kita install dari luar Playstore. Oleh karena itu, untuk gadget yang yang sudah di root di haruskan agar lebih aman untuk mengunduh dari playstore dan jangan menginstal dari aplikasi di luar playstore 

3. Rentan terkenan Virus
Seperti yang di jelaskan dalam pengertian root, dengan terbukanya akses penuh telah membuka celah keamanan yang telah di lindungi oleh OS android 

4. Kerusakan pada gadget
Kerusakan pada gadget banyak terjadi pada kasus overcloclk karena di sebabkan karena adanya "pemaksaan" kemampuan di atas standar sehingga menyebabkan gadget menjadi panas.

Dengan melihat kekurangan dan kelebihan root pada android di atas setidaknya anda bisa memutuskan kembali untuk melakukan rooting pada gadget anda. Bagi yang mengetahui seluk beluk pemograman , proses root  sangatlah berguna, namun sangat beresiko bila dilakukan oleh pengguna awam apalagi di lakukan tidak secara hati-hati dan digunakan oleh orang minim pengetahuan akan sistem pada Android.
  • verified_user Belitung Guide Tour Travel
    Content Title : Panduan Kelebihan dan Kekurangann Root pada Android
    Request detil informasi Panduan Kelebihan dan Kekurangann Root pada Android dengan menghubungi kami via whatsapp atau line