Tingkatan Versi OS Android

Tingkatan Versi OS Android : Siapa yang tak kenal si "robot hijau" android yang sejak kemunculannya telah merubah wajah baru prilaku penggunanya. Sistim operasi yang selalu rajin update untuk dengan alasan agar OS bekerja lebih maksimal karena proses upgrade akan memperbaiki dan menyempurnakan kekurangan yang ada di Android versi sebelumnya. Kali ini kita akan membahas tingkatan OS android dari terendah sampai tertinggi seperti sekarang ini. Sistem operasi Android ini dirilis secara resmi pada tahun 2007 sedangkan  ponsel yang berbais OS android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008. Sejak kemunculan nsi robot hijau ini yang mampu meruntuhkan dinasti nokia dimana dulu nokia menyebut OS android sebagai semut kecil merah yang mudah digencet dan mati. Arogansi dan rasa percaya diri yang berlebihan membuat Nokia terjebak dalam innovator dilema. Sejarah mencatat, yang kemudian mati justru Nokia, tergeletak kaku dalam kesunyian yang perih.
versi android dari terendah sampai tertinggi seperti sekarang

Selain memiliki logo yang unik, android juga memiliki keunikan pada nama - nama pada setiap versi.  Yang jadi pertanyaan lain adalah mengapa Google memberikan dan membuat nama makanan di setiap versi android: . Nama - nama tersebut di ambil dari nama - nama makanan. Pemberian nama makanan  pada setiap versi android tersebut bertujuan agar mudah diingat pada pengguna android. Tapi nama yang di berikan oleh google bukan nama makanan sembarangan , jika kita perhatikan nama tersebut lebih difokuskan kepada makanan yang kesemuanya mempunyai rasa manis. Keunikan lain dari OS tersebut yaitu  jika diurutkan sesuai tanggal rilis, setiap cnama versi yang di rilis akan sesuai dengan urutan alfabet seperti huruf C (Cupcake), huruf D (Donut), hingga yang terbaru dengan huruf M (Marshmallow)

1. ANDROID VERSI 1.1
Andoid pertama yaitu versi 1.1 di rilis pada 9 Maret 2009 oleh Google. Terdapat dua versi pada Android 1.0 ini yaitu versi “Astro” and “Bender”. Tapi dua-duanya punya masalah di pelanggaran hak cipta dan trademark sehingga versi ini tidak memiliki nama seperti versi yang lain. Android pada versi ini dilengkapi dengan fitur yang disupport oleh Google Mail Service dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

2. ANDROID CUPCAKE ( VERSI 1.5 )
OS ini jadi android pertama yang namanya pake nama dessert dan menjadi awal mula munculnya nama-nama seri android yang menggunakan nama dessert Android Cupcake. Versi kedua pada android ini telah di dukung berbagai fitur yang lebih lengkap dari versi seblumnya seperti upload Video ke Youtube, upload Gambar ke Picasa dan sudah terintegrasi Bluetooth A2DP.

3. ANDROID DONUT ( VERSI 1.6 )
Satu lagi nama unik os android yaitu android donut. nama lain dari Versi Android 1.6. Android Donut lebih mengembangkan aplikasi - aplikasi standart pada hp diantaranya proses searching yang lebih baik, fitur pada galery yang lebih "user friendly", mendukung resolusi layar WVGA, peningkatan android market dan Aplikasi.

4. ANDROID ECLAIR ( VERSI 2.0 / 2.1 )
Android Eclair yang merupakan urutan generasi ke 4 dari banyak versi Android yang ada. Diluncurkan pada tahun 2010 dengan penambahan google map , penambahan fitur yang lebih canggih seperti Kamera 3,2 Megapixel  yang juga telah didukung oleh flash, daftar kontak baru yang elegan, HTML5 telah terdukung  pada perubahan UI dengan browser baru dan telah di dukung Bluetooth 2.1 dengan kecepatan trasfer file yang lebih cepat.

5. ANDROID FROZEN YOGURT / FROYO ( VERSI 2.2 )
Froyo itu merupakan singkatan dari nama makanan manis Frozen Yoghurt. Android versi 2.2 Froyo pertama kali diluncurkan pada tahun 2010. android versi ini sudah dilengkapi  dengan beragam fitur baru seperti adobe flash yang dikalim memiliki kecepatan 3 sampai 5 kali lebih cepat dari versi terdahulunya. Sedangkan fitur terbarunya adalah mampu merekam video dengan HD Quality. Selain itu terlah di updatedengan kemampuan menyimpan aplikasi di dalam MMC/SD Card dan dapat dijadikan hotspot.

versi android dari terendah sampai tertinggi seperti sekarang

.6. ANDROID GINGERBREAD ( VERSI 2.3 )
Android versi 2.3 Gingerbread  ini awal dari kesuksesan android walaupun versi ini masih kalah popularitas nya dengan perangkat BlackBerry OS. Android Gingerbread sudah mendukung User interface hemat energi, keyboard virtual dengan word selection, power management, serta dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu

7. ANDROID HONEYCOMB ( VERSI 3.0 /3.1 )
Android versi 3.0/3.1 Honeycomb adalah salah satu versi android yang dikhususkan bagi pengguna tablet, os android versi ini tidak bisa digunakan pada ponsel/hp . fitur fiturnya juga telah disesuaikan bagi
pengguna tablet. sistem ini didesain khusus dengan kecanggihannya membuat tablet dapat berjalan.

8. ANDROID ICE CREAM SANDWICH / ICS ( VERSI 4.0 )
Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich atau disingkat ICS merupakan android yang telah disempurnakan,  untuk pengguna tablet ataupun smartphone. Terdapat perubahan yang sangat terlihat jelas dari segi user interface yang nampak lebih elegan yang telah di optimiskan pada multitasking.

9. ANDROID JELLY BEAN
Pada versi ini Jelly bean terdapat 3 kali update yaitu dari versi v4.1 , v-4.2 dan v-4.3. Pda v-4.1 beberapa fitur yang diperbaharui dalam sistem operasi ini antara lain, pencarian dengan menggunakan Voice Search yang lebih cepat dan  informasi cuaca yang akurat. Pada Jelly Bean V.4.2 diklaim lebih pintar dan inovatif dibandingkan dengan pendahulunya. Beberapa  fitur yang diperbaharui dalam sistem operasi ini adanya sistem operasi yang cepat dan Ringan dan mampu berselancar di internet menggunakan Google Chrome seperti pada PC. Pada android jelly bean v-4.3, terdapat pembaruan fitur dengan adanya teknologi smart bluetooth yang membuat bluetooth aktif tanpa menguras baterai, performa grafis yang lebih bagus dan realistis serta kecepatan kinerja yang luar biasa cepat serta grafis memukau atau lebih halus.

10. ANDROID KITKAT ( VERSI 4.4 )
Peluncuran android versi kitkat di umumkan setelah mendapat izin dari Nestlé dan Hershey. Os android kitkat memiliki tampilan lebih dinamis di bandingkan dengan android jelly bean. Pada android kitkat telah terdapat optimalisasi pada konsumsi batre dan seperti biasa adanya penambahan kinerja yang lebih cepat walaupun di jalankan pada perangkat yang memiliki spesifikasi lebih rendah.

 11. ANDROID LOLIPOP ( VERSI 5.0 )Android Lolipop di umumkan peluncurannya pada tanggal 3 November 2014, dengan penambahan desain antarmuka (tampilan) yang dinamakan Material Design". 64-bit ART compiler Project volta, yang berguna untuk meningkatkan daya hidup baterai 30% lebih tahan lama. selain itu adanya fitur kemampuan‘factory reset protection’ yang berguna ketika smartphone hilang dan tidak bisa direset ulang tanpa memasukkan id google dan kata sandi (password) pengguna

12. ANDROID MARSHMALLOW ( VERSI 6.0 )
Android Marshmallow  di umumkan peluncurannya pada tanggal 19 Agustus 2015 Android Marshmallow memperkenalkan model izin yang didesain ulang dengan delapan kategori izin. Seperti kita ketahui jika beberapa aplikasi android ketika di install langsung di beri izin mengakses kamera dan data penting lainnya di perangkat.jika anda mengistall aplikasi android yang memerlukan akses kamera dan microfon anda di berikan hak untuk sesuaikan izin atau tidak pada aplikasi tersebut. Android marshmallow telah di lengkapi dengan fitur penghemat data dan daya yang bernama Doze. Dengan ada nya fitur Doze di klaim dapat menghemat daya tahan baterai hingga 25-40%. 

Dari sekian banyak versi, apakah Android Marshmallow merupakan versi terakhir android ? Atau OS Android terbaru setelah Marshmallow nanti akan menggunakan nama apa ? Kita tunggu saja dengan penuh sabar dan tanda tanya
  • verified_user Belitung Guide Tour Travel
    Content Title : Tingkatan Versi OS Android
    Request detil informasi Tingkatan Versi OS Android dengan menghubungi kami via whatsapp atau line